Cermati Fisik dan Lingkungan Sekitar Anda Pasca Lebaran


Bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri menjadi momen istimewa yang baru saja kita lewati bersama, arus balik mudik pun sudah terlihat dibeberapa pusat keramaian seperti Terminal, Stasiun dan Bandara. Namun kondisi Jakarta pada hari ini terlihat masih dalam kondisi lengang. Hal ini disebabkan sebagian pemudik belum beranjak dari kampung halamannya masing-masing dan diprediksi akan mencapai puncak arus balik pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2013. Berada di kampung halaman, membuat sebagian besar orang lupa untuk memperhatikan asupan makanan yang dicerna oleh tubuh, terlebih lagi selama bulan Ramadhan terbiasa dengan makanan yang manis dan momen Idul Fitri yang khas dengan berbagai masakan olahan daging dan santan. Tak pelak, biasanya terjadi kenaikan berat badan yang variatif. Kondisi ini harus kita cermati bersama karena akan menghadapi rutinitas pekerjaan pasca lebaran. Kondisi tubuh yang kurang optimal mengganggu kinerja di kantor dan bahkan akan menyebabkan seseorang jatuh sakit. Alasan inilah yang terkadang menjadi trending topik dibeberapa perkantoran negeri maupun swasta di Jakarta karena dianggap cukup logis.

Kesehatan juga merupakan investasi. Yah, karena untuk sakit, seseorang perlu merogoh kocek dalam-dalam. Untuk itu mencermati kondisi fisik perlu dilakukan pasca lebaran. Adapun beberapa hal yang biasa dilakukan tentunya mengecek kondisi berat badan. Itu adalah hal paling sederhana dan mudah dilakukan karena hanya membutuhkan timbangan berat badan. Indikator naiknya berat badan perlu diwaspadai dan perlu mempersiapkan treatment untuk mencapai berat badan ideal kembali. Ada baiknya, Anda konsultasi dengan dokter atau mengunjungi laboratorium medis swasta untuk mengecek gula darah, kolesterol dan lainnya untuk memastikan kondisi yang sebenarnya melalui serangkaian tes medis. Memang memerlukan biaya, namun sekali lagi akan lebih mahal jika Anda harus jatuh sakit dan berobat.

Setelah kembali dari kampung halaman, perhatian kita mau tidak mau juga harus tertuju ke tempat penampungan sampah entah itu keranjang sampah ataupun tong sampah di dalam rumah. Kenapa? Yah, bagi yang berada di lingkungan perumahan, petugas kebersihan atau pengangkut sampah pun harus absen beberapa hari untuk menikmati lebaran di kota masing-masing. Kondisi rumah pun penuh dengan sampah dan belum terangkat dari tempatnya. Bau dan lalat tidak bisa dihindari, apalagi dengan kemungkinan efektif bekerja pada Senin, 19 Agustus 2013. Kita perlu ketahui bersama, lalat merupakan salah satu vektor pembawa penyakit. Habitatnya di tempat sampah serta kemampuan terbang efektif 450-900 meter mampu menjangkau habitat manusia khususnya tempat makanan di dapur ataupun meja makan. Bakteri yang dibawa pun beragam dan dapat mengakibatkan sakit khususnya penyakit diare dan disentri terlebih kondisi fisik kita belum optimal atau kelelahan akibat perjalanan mudik. Perlunya menjaga kebersihan makanan dan kondisi fisik agar tetap prima menjadi salah satu langkah preventif yang nyata untuk dilakukan. Selain itu, karena ditinggal mudik untuk waktu yang cukup lama, tak ada salahnya menguras kembali beberapa penampungan air yang ada di rumah. Penampungan air seperti bak mandi, akuarium dan tandon air berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk. Maka tak heran, beberapa sudut rumah Anda ditemukan banyak sekali nyamuk beterbangan. Nyamuk seperti yang kita ketahui, juga salah satu vektor pembawa penyakit khususnya demam berdarah. Rumah yang tidak berpenghuni menjadi tempat yang ideal bagi berkembang biaknya nyamuk. Kebersihan lingkungan sekitar mempengaruhi pola hidup kita ke depannya, oleh karena itu sangat penting memperhatikan hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian kita. Akan lebih baik, jika disebuah kawasan perumahan mengadakan kerjabakti untuk memastikan kondisi lingkungan kita kembali bersih seperti semula. Selamat kembali beraktivitas dan salam K3! (DKA).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: